OSI Layer

 
OSI Layer adalah penyedia perangkat logika tersetruktur bagaimana pemeroses data berinteraksi melalui jaringan. Osi Layer dibagi menjadi 2 grup  yaitu Lower Layer dan Opper Layer.
- Lower Layer : inti sari komunikasi data dari jaringan oktual, bagian-bagian lower layer iyalah, Transport, Network, Data Link, Physicall.
- Opper Layer  : fokus pada aplikasi pengguna dan di presentasikan di komputer, bagian-bagian opper layer iyalah, Application, Presentation, Session.

  • Aplplication Layer (Layer 7) : Aplikasi yang saling berkomunikasi antarkomputer. Aplikasi layer mengacu pada playanan komunikasi pada suatu aplikasi.
  • Presentation Layer (Layer 6 )   : Pada layerbertujuan untuk mendefinisikan format data, seperti ASCII text, binary dan JPEG.
  • Sesi Layer (Layer 5)  : Sesi layer mendefinisikan bagaimana memulai, mengontrol dan mengakhiri suatu percakapan (bisa disebut session).
  • Transport Layer (Layer 4)  : Pada layer 4 ini bisa dipilih apakah menggunakan protokol yang mendukung errorrecovery atau tidak. Melakukan multiplexing terhadap data yang datang, mengurutkan data yang datang apabila datanya tidak berurutan.
  • Network Layer (Layer 3)  : Mendefinisikan pengiriman data dari ujung ke ujung. untuk melakukan pengiriman pada layer ini juga melakukan pengalamatan. Mendefinisikan pengiriman jalur (routing).
  • Data Link Layer (Layer 2)  : mengatur pengiriman data dari interface yang berbeda. semisal pengiriman data dari ethernet 802.3 menuju ke high-level Data Link Control(HDLC), pengiriman data WAN.
  • Physical Layer (Layer 1)  : mengatur tentang bentuk interface yang berbeda-beda dari sebuah media transmisi.
Sekian penjelasan tentang Osi Layer. Jika ada hal yang tidak dimengerti silahkan bertanya, dan apabila ada kesalahan mohon dibantu untuk memperbaikinya. Terima kasih.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Coding/ShortCode Java Penyewaan Mobil menggunakan GUI

/*  * To change this license header, choose License Headers in Project Properti...